Powered By Blogger

Welcome To My World

Don't spend your time for useless thing

Senin, 07 Januari 2013

Ilmu Budaya Dasar 3


Tugas SOFTSKILL 2
Nama       : Woro Perwita Nommy
Kelas        : 2SA03
NPM        : 17611466
Softskill : Ilmu Sosial Dasar (ISD)

Usaha manusia dalam mempertahankan keindahan dalam bahasa daerah yang terdapat di Indonesia
Bahasa merupakan alat komunikasi antar sesama untuk dapat menyampaikan apa yang ingin kita ungkapkan kepada lawan bicara kita. Terdapat berbagai macam bahasa yang ada di Indonesia, akan tetapi yang lebih dominan yaitu bahasa Indonesia karena itu adalah bahasa nasional bangsa Indonesia. Dalam segi manusia mempertahankan keindahan atau dapat juga disebut dengan budaya bahasa daerah yang terdapat di Indonesia ini dapat dilihat dari usaha masyarakat menggunakan bahasa tersebut di daerah masing-masing. Indonesia mempunyai bermacam-macam pulau, begitu juga dengan bahasa daerah yang bericirikan khas masing-masing. Terutama para sesepuh yang meninggali daerah tersebut, yang terlebih dahulu menggunakan bahasa tersebut dari zaman dahulu. Mereka pun melestarikannya dengan mengajarkan atau menurunkannya kepada anak, cucu, cicit mereka sehingga membuat bahasa tersebut tidak mati alias punah.
Contoh kasus:
Karena kita mempunyai beragam bahasa seperti bahasa Jawa, bahasa Sunda, bahasa Melayu, dan lain-lain, ditambah lagi bahasa yang berasal dari luar nusantara seperti bahasa yang sedang nge-TOP yaitu bahasa Korea, begitu juga dengan bahasa Inggris yaitu bahasa internasional. Sehingga semua itu membuat kita mencampur-campur bahasa-bahasa tersebut yang menghasilkan suatu bahasa yang aneh. Akan tetapi itu dapat memperkaya bahasa yang dapat dimiliki oleh sesorang, asalkan kita dapat menempatkan dimana dan bagaimana bahasa tersebut diungkapkan atau disampaikan.
Tanggapan:
Tidak masalah kita dapat menguasai berbagai bahasa yang ada di belahan bumi ini, akan tetapi kita harus tetap ingat atau dapat dikatakan melestarikan bahasa ibu kita yaitu bahasa Indonesia. Kita lakukan dengan cara mengenalkan pada dunia, ini lho bahasa kami bahasa Indonesia. Sehingga bahasa Indonesia juga dapat dikenla oleh seluruh pelosok dunia. Kita mengajarkan bahasa asing akan tetapi tidak boleh melupakan bahasa kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar