Powered By Blogger

Welcome To My World

Don't spend your time for useless thing

Senin, 18 November 2013

Musim Hujan di Cibinong

Tulisan Berita (Jurnalistik)

Woro Perwita Nommy
176114766/3SA03

Sejak bulan Oktober lalu, curah hujan di beberapa kota di Indonesia telah mengalami peningkatan yang cukup tinggi dari bulan-bulan sebelumnya. BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) menjelaskan bahwa beberapa daerah mengalami musim hujan lebih awal dari biasanya yaitu Oktober 2013. Daerah-daerah yang termasuk awal musim hujannya antara lain Sumatera, Kalimantan dan Jawa. Akan tetapi BMKG telah memperkirakan bahwa akan datangnya musim hujan tak serentak. Artinya musim hujan tidak akan datang bersamaan di wilayah Indonesia.
 Peningkatan curah hujan tersebut di beberapa daerah di Indonesia merupakan ciri-ciri datangnya musim hujan atau musim basah di negara Indonesia yang dikenal dengan memiliki wilayah iklim tropis. Secara teknis meteorologi, musim hujan dianggap mulai terjadi apabila curah hujan dalam tiga hari berturut-turut telah melebihi batas yang telah ditentukan dan itu terus berlanjut. Indonesia memang dikenal hanya mempunyai dua musim saja yaitu musim hujan dan musim kemarau. Tidak seperti negara-negara Asia lainnya yang memiliki empat musim yaitu musim semi, musim gugur, musim panas, dan musim dingin. Beberapa Negara Asia yang memiliki empat musim seperti Korea, Cina, Jepang.
Saat ini daerah yang akan dibahas mengenai musim hujan yaitu Cibinong. Cibinong merupakan sebuah daerah yang tidak begitu besar. Sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Cibinong terletak di pertengahan antara Kota Depok dan Kota Bogor. Perkiraan cuaca Provinsi Jawa Barat untuk wilayah Cibinong dapat dikatakan hujan sedang.  Walaupun begitu, sebagai warga Cibinong yang baik harus tetap waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas yang rendah, dimana kondisi tersebut dapat disertai dengan potensi kilat/petir dan juga angin kencang.
Hujan yang membanjiri wilayah Cibinong biasa terjadi pada sore hari dan malam hari. Terkadang gerimis terjadi pada waktu subuh sekitar pukul 4 pagi hingga pukul 7 pagi. Pagi hari merupakan saat dimana banyaknya aktivitas-aktivitas yang akan terjadi seperti berangkat kerja, berangkat sekolah, jual beli di pasar. Apabila terjadi hujan pada pagi hari, itu akan membuat aktivitas tidak berjalan lancar. Akan ada kemacetan terjadi yang diakibatkan jalan tergenang air, lampu lalu lintas mati yang akan mengakibatkan arus lalu lintas yang ada di perempatan Cikaret-Cibinong menjadi semerawut. Hal itu membuat para pengendara dengan sesuka mereka melintas. Dengan ada atau tidak adanya personil polisi tetap akan terjadi kemacetan. Terkadang hal-hal sepele seperti itu dapat membuat jengkel.

 Itulah dampak negatif yang terjadi pada saat musim hujan. Akan tetapi, kita dapat meng-antisipasi dengan siap-siaga dalam musim seperti ini. Seperti membawa paying atau jas hujan, berangkat sekolah atau kerja lebih awal, berhati-hati berkendara atau berjalan karena jalan yang licin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar